Kamis, 23 Januari 2020

Basuki Abdullah

Sejak umur 4 tahun Basoeki Abdullah mulai senang menggambar orang, diantaranya adalah beberapa tokoh terkenal seperti Mahatma Ghandi, Rabindranath Tagore, dan Khrisnamurti. Pada usia 10 tahun, Basoeki Abdullah telah melukis tokoh seperti Mahatma Ghandi dengan menggunakan pensil diatas kertas yang hasilnya luar biasa untuk ukuran anak seusia itu.

Pada tahun 1913 berkat bantuan Pastur Koch SJ., Basoeki Abdullah mendapatkan bea siswa untuk melanjutkan pendidikannya di Akademi Seni Rupa (Academie Voor Beldeende Kunsten) di Den Haag, Belanda dan menyelesaikan studinya dalam waktu 2 tahun lebih 2 bulan dengan meraih penghargaan sertifikat Royal International of Art (RIA).

Semua berawal dari keikutsertaan Basoeki Abdullah dalam pameran pada sebuah pasar malam di Bandung, tahun 1933. Lukisannya yang bermodelkan adiknya sendiri, Trijono, banyak dikagumi oleh wartawan dan pengamat seni lukis, salah satunya Romo Koch, SY, yang berjanji akan mengusahakan Basoeki Abdullah untuk belajar di Belanda.  Semenjak itulah sosok Basoeki Abdullah mulai diperhatikan oleh orang-orang, terutama bangsa Eropa.

komentar:
Menurutku Basuki Abdullah sangat hebat karena sejak kecil,yg dimana jarang orang yg memilikinya jiwa seni sdh tertanam dalam dirinya.Ia juga giat dalam mencari ilmu seni sampai ke Belanda. Sifat pekerja kerasnya wajib di contoh.

Anisa Fahria X IPS 2
Waktu: 10:42
Link:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar